Algoritma dan Flowchart

Algoritma

Ø Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis (step by step).

Kriteria suatu algoritma:

– Ada input dan output

– Efektivitas dan efisien

– Terstruktur

Ø Permasalahan

Permasalahan :

Buat algoritma untuk menghitung Luas Segitiga

Rumus :

Luas Segitiga =1/2 * a * t

Ø Algoritma:

· Tentukan nama variabel yang akan menampung data panjang alas dan tinggi pada luas segitiga

· Masukkan (Inputkan) data panjang alas dan tinngi pada variabel yang sudah ditentukan

· Hitung luas segitiga

· Tampilkan (Outputkan) Luas segitiga

Flowchart

Ø Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma dalam suatu program atau prosedur sistem secara logika, yang menyatakan arah alur program dalam menyelesaikan suatu masalah.

Ø Perumusan untuk mencari luas segitiga diatas adalah:

L= 1/2*a*t

di mana, L adalah Luas segitiga, a adalah panjang alas segitiga, dan t adalah tinggi segitiga

0 message:



Posting Komentar

:-)