perbedaan bilangan dengan angka

Perbeda’an Angka dengan Bilangan

Banyak orang yang mungkin menganggap kalau angka dan bilangan adalah hal yang sama padahal sebenarnya angka dan bilangan adalah hal yang berbeda. Angka tidak lain adalah simbol yang digunakan untuk melambangkan suatu bilangan sedangkan bilangan itu sendiri merupakan suatu obyek yang abstrak. Obyek matematika adalah abstrak sedangkan apa yang nampak (seperti angka, bilangan, kubus dll) hanyalah merupakan upaya untuk melambangkan hal-hal yang abstrak.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut :

25——-> mana angka dan mana bilangan pada “25″?

Pada “25″ terdapat dua angka, yaitu angka 2 dan angka 5 sedangkan 25 itu sendiri merupakan bilangan yang melambangkan suatu kuantitas (panjang, berat, umur dll). Jadi “2″ dan “5″ tersebut merupakan angka-angka yang digunakan untuk melambangkan bilangan “25″, tentu saja angka-angka 2 dan 5 juga dapat digunakan untuk melambangkan bilangan-bilangan yang lain tergantung dari banyaknya angka “2″ dan “5″ yang digunakan dan juga tergantung posisi peletakan angka-angka tersebut.

Kesimpulannya adalah terdapat 10 angka atau lambang bilangan, yaitu mulai dari 0, 1, 2, … sampai 9. 10 angka tersebut dimaksudkan pada sistem penulisan latin, tentu saja masih banyak sistem penulisan yang lain (seperti Arab, Jawa, Cina, Romawi, Babilonia dll).

0 message:



Posting Komentar

:-)